oleh

Rekomendasi Olahraga Sederhana yang Bisa Diajarkan pada Anak

PortalMadura.Com – Seperti yang kita tahu, peran olahraga dalam hidup sangat penting. Olahraga dapat melatih tubuh kita untuk tetap sehat dan bugar. Berolahraga juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan juga meningkatkan kemampuan setiap bagian tubuh.

Itulah sebabnya, olahraga juga perlu dikenalkan sejak dini kepada anak-anak. Hal itu membuat anak-anak melatih tubuhnya, meningkatkan kekebalan tubuh, dan kebugaran. Olahraga yang dilakukan pun tidak perlu yang berat-berat, cukup olahraga sederhana yang sesuai dengan kemampuan anak-anak.

Dilansir dari laman Fimela.Com, Senin (21/9/2020) berikut rekomendasi olahraga sederhana yang bisa diajarkan ke anak sejak dini.

Bersepeda

Olahraga bersepeda ini sangat baik untuk kesehatan. Olahraga ini sangat mudah untuk diajar kepada anak. Olahraga bersepeda ini bisa membantu anak belajar untuk seimbang.

Cara untuk melatih keseimbangan anak, sepeda kecil bisa dimodifikasi dengan menggunakan roda 3 atau roda 4, agar anak tidak jatuh saat mengayuh sepeda. Semakin anak besar, maka harus diajari bersepeda dengan roda 2.

Lompat Tali

Olahraga yang selanjutnya adalah lompat tali. Lompat tali ini sangat mudah dilakukan oleh anak-anak yang mulai masuk sekolah dasar. Olahraga ini menggunakan teknik lompatan dan menggunakan media tali.

Anda bisa menggunakan tali yang khusus untuk lompat tali, atau membuat tali menggunakan karet yang disusun panjang. Olahraga yang satu ini bisa membantu mengontrol berat badan dan membuat anak cepat tinggi.

iklan hari santri

Berenang

Olahraga berenang merupakan jenis olahraga yang menyenangkan bagi anak. Saat melakukan olahraga renang, anak bisa bermain dengan air di kolam renang. Sebenarnya sejak bayi, bayi sudah bisa berenang dengan pelampung.

Olahraga berenang memiliki manfaat yang sangat banyak untuk anak, yaitu bisa membuat anak tinggi lebih cepat, postur tubuh menjadi lebih baik dan bisa membantu menguatkan sistem imun. Tetapi olahraga ini lebih baik dilakukan seminggu satu kali saja.

Sepak Bola

Bagi Anda yang memiliki anak laki-laki, akan sangat menyenangkan bagi anak jika diajarkan olahraga sepak bola sejak dini. Olahraga sepak bola ini bisa diajarkan anak mulai usia sekolah dasar. Bahkan ada juga sekolah khusus sepak bola untuk anak.

Sepak bola ini memiliki banyak manfaat, yaitu bisa membantu anak lebih lincah, pintar mengatur stratrgi, berkomunikasi, bekerja dalam tim dan tentunya membuat sistem kekebalan tubuh pada anak lebih kuat.

Lari

Rekomendasi olahraga terakhir yang bisa diajarkan kepada anak sejak dini, yaitu bisa diajarkan olahraga jenis lari. Sudah semestinya anak-anak suka berlari-larian dan kejar-kejaran, entah bersama teman atau dengan keluarga.

Olahraga lari ini bisa membantu mengajarkan kecepatan kepada anak, menjaga sistem imunitas tubuh, menyehatkan jantung dan bisa membantu merubah suasana hati menjadi baik.

Rewriter : Oktaviana Dwi K.K
Sumber : Fimela.Com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.