oleh

5 Manfaat Daun Dewa Untuk Kesehatan

PortalMadura.Com – Sebagian orang masih belum mengenal daun dewa (Gynura Procumbens) ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Di Indonesia, daun tanaman ini sering kali dijadikan sebagai jamu.

Masyarakat China menyebutnya Samsit. Tinggi tanaman ini sekitar 30-40 cm, merupakan tumbuhan tegak, batang daun pendek lunak berbentuk segi lima, dengan penampang berbentuk lonjong dan berambut pada sisi luar.

Pohon ini memiliki panjang 20 cm, lebar 10 cm, dengan tangkai pendek, bulat lonjong berdaging, berbulu halus, ujung daunnya lancip, bertoreh pada tepi daun serta warna hijau keunguan. Tumbuhan yang disebut Samsit oleh orang cina ini juga memiliki bunga majemuk yang tumbuh di ujung batang, berkelopak hijau berbentuk cawan, dan benang sari berwarna kuning berbentuk jarum.

Manfaat tanaman ini bisa didapat dari olahannya dengan cara meminum air rebusan, ekstrak dalam kapsul, hingga buah kering.

5 Manfaat Daun Dewa Untuk Kesehatan

manfaat daun dewa untuk kesehatan

Dilansir dari laman Liputan6.Com, Jumat (19/6/2020) berikut beberapa manfaat daun dewa untuk kesehatan.

Sebagai Obat Anti Alergi

Manfaat daun dewa juga dapat mengurangi alergi karena memiliki sifat anti bakteri dan anti virus.

Polifenol yang dikandung dalam  tumbuhan ini berfungsi sebagai anti histamin yang mencegah timbulnya berbagai masalah alergi. Tanaman herbal ini dapat meringankan gejala alergi seperti gatal, ruam, merah, sesak napas, hingga pembengkakan.

Detoksifikasi Racun Tubuh

Manfaat daun dewa juga dipengaruhi oleh senyawa Alkaloid yang dimilikinya. Senyawa ini bersifat menetralisir racun di dalam tubuh dan membuangnya lewat sekresi tubuh.

Flavonoid dalam mahkota dewa juga membantu menyingkirkan virus dan bakteri di dalam tubuh yang mengganggu fungsi vital seperti hati, ginjal, dan pencernaan. Sifat detoksifikasinya dapat menyehatkan hati dan mencegah masuknya penyakit hepatitis.

Baca Juga: 10 Manfaat Buah Delima bagi Kesehatan

Mengatasi Nyeri Haid

Manfaat daun dewa didapatkan dari kandungan antioksidannya yang kuat seperti flavonoid, folifenol, saponin, tanin, terpenoid, dan alkaloid yang berlimpah.

Berdasarkan penelitian, kandungan antioksidan dalam ekstrak buah dari tanaman herbal ini bersifat antiradang yang berpotensi mengobati nyeri haid. Secara umum, kekuatan efek antiradang dari ekstrak buah ini bisa berbeda tergantung dosis yang ditentukan setiap produknya.

Mengatasi Sakit Kepala

Ramuan daun dewa dapat mengatasi sakit kepala berkat sifat analgesiknya. Tanaman Herbal ini  dapat bekerja sebagai pereda nyeri saat sakit kepala.

Flavonoid dalam daun dewa dapat mengurangi rasa sakit pada tubuh. Flavonoid juga bekerja sebagai antioksidan yang menjaga daya tahan tubuh.

Sebagai Obat Luka Luar

  • Ambil daun dan umbi daun dewa seberat 20 gram.
  • Daun jarak segar 10 lembar.
  • Haluskan ketiga bahan, setelah halus tapalkan pada daerah yang sakit.

Mengatasi Flek Hitam pada wajah

mengaobati flek hitam dengan daun dewa

Tanaman ini dapat dimanfaatkan sebagai bat untuk penyakit kulit seperti flek hitam pada wajah.

Cara penggunaannya cukup sederhana yakni dengan mengambil daunnya yang mempunyai getah lalu getahnya dioleskan pada flek hitam tersebut.

Menstabilkan Tekanan Darah

Saponin dalam daun dewa juga bisa mengurangi penggumpalan darah. Efek ini kemudian bisa melancarkan peredaran darah dan mendukung tekanan darah yang lebih sehat.

Flavonoid di dalamnya juga menunjukkan aktivitas yang sama yaitu melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh dan mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah. Daun dewa bisa mengurangi kandungan kolesterol serta mengurangi penimbunan lemak pada dinding pembuluh darah.

Berikut Cara Mengolahnya sebagai Penurun Darah Tinggi

  • Ambil 7 lembar daun yang lebar dan siap panen.
  • Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas.
  • Minum 2 kali sehari sesudah makan.
  • Lebih baik lagi kalau dijadikan lalapan.

Menstabilkan Gula Darah

Manfaat daun dewa juga dapat mestabilkan gula darah yang tentunya sangat baik bagi penderita diabetes. Tentunya hal ini bisa didapatkan jika dikonsumsi dengan tepat.

Flavonoid yang terkandung di tanaman ini telah terbukti menstabilkan pelepasan insulin dan regenerasi sel beta pankreas. Saponin dalam tanaman ini juga mengurangi kadar gula dalam darah yang dapat menurunkan risiko diabetes. Saponin menurunkan lipid darah dan menurunkan respons glukosa darah.

Cara Mengolah

Pengolahan obat yang berasal dari daun dewa, bisa dengan daun segar yang disajikan langsung ataupun dalam bentuk ekstrak, yaitu daun disterilkan dan dikeringkan.

Setelah benar-benar kering, daun digiling hingga menjadi tepung atau simplisia. Kemudian tepung disaring agar halus rata, lalu siap dimasukkan dalam kapsul.

Semoga informasi tentang manfaat daun dewa untuk kesehatan diatas bisa memberikan alternatif pengobatan yang lebih alami untuk anda.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Liputan6.com

Komentar