oleh

4 Cara Mengajarkan Anak Membaca Tanpa Mengeja

PortalMadura.Com – Memiliki peran sebagai orang tua sekaligus guru, tentu Anda memiliki kewajiban penting untuk mendidik seorang anak hingga ia tumbuh cerdas dan pintar. Namun hal tersebut tidaklah mudah untuk dilakukan. Sebelumnya, Anda harus mengetahui metode belajar yang paling optimal untuknya.

Selain itu, Anda juga harus memahami karakternya agar dapat mengoreksi kembali metode yang diterapkan pada anak. Maka dari itu, untuk mengajarkan anak membaca, tentunya dibutuhkan tahapan yang lama sampai akhirnya ia lancar.

Meskipun Anda harus melewati tahapan yang panjang saat mengajarkan anak membaca, namun ternyata ada cara khusus yang memungkinkan Anda mengajarkan anak membaca dengan cepat tanpa mengeja. Dilansir dari laman Fimela.Com, Jumat (4/9/2020) berikut ini langkah-langkah mengajarkan anak membaca tanpa mengeja.

Memperkenalkan Huruf

Cara pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memperkenalkan huruf. Kenalakan si kecil huruf dari A sampai Z, Anda sebagai orang tua bisa mencontohkan terlebih dahulu. Kemudian ajarkan huruf vocal a,i,u,e,o.

Mengahafal dan Membaca Suku Kata

Tahap selanjutnya adalah mengahafal dan membaca suku kata. Contohnya ba, be, bi, bo, bu sampai dengan za, ze, zi, zo, zu. Biarkan anak kita untuk menghafal serta agar ia terbiasa menggunakan suku kata tersebut.

Jika sudah lancar, tahap berikutnya bisa mengajarkan kata-kata seperti bu-ku, ba-pak, ma-ta, ka-ki, ku-ku, bo-la.

Memperkenalkan Huruf Mati

Apabila sudah menguasai tahap sebelumnya, kini saatnya Anda mengajarkan kepada anak tentang huruf mati. Mengajari anak huruf mati bisa dengan mengenalkan terlebih dahulu huruf-huruf mati, seperti “ng”, “ny”, dan huruf konsonan lainnya apabila dijadikan huruf mati.

Membaca Kata

Jika cara-cara di atas sudah dikuasai si kecil, mulailah ajak anak membaca kata secara utuh. Cobalah dengan metode menyenangkan jangan dipaksakan hingga memarahi si kecil. Hal tersebut dapat membuatnya menjadi malas untuk belajar. Jadi untuk melatih anak membaca harus mempunyai kesabaran dan ketelatenan.

Rewriter : Oktaviana Dwi K. K
Sumber : fimela.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE